Penghapusan UN Dinilai Langkah yang Baik, Terlebih di Tengah Wabah Corona

  • Whatsapp
Prof. Zainuddin Maliki, Anggota DPR RI Fraksi PAN bersama Prof. Muhadjir Effendy, Menko PMK.
banner 468x60

Langkah pemerintah meniadakan ataupun menghapus Ujian Nasional (UN) 2020 dinilai sebagai langkah yang baik, terlebih lagi di tengah wabah Virus Corona atau Covid-19 seperti saat ini.

“Meniadakan Unas (UN) itu adalah langkah yang baik untuk menghindari kemungkinan terkena pandemi Virus Corona,” ungkap Anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki, kepada AKURAT.CO saat dihubungi, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Zainuddin mengaku bahwa tidak memungkinkan memang untuk menyelenggarakan UN, baik daring apalagi dengan kehadiran secara fisik di sekolah, mengingat eskalasi penyebaran Virus Corona saat ini terus saja mengalami peningkatan.

“Oleh karena itu diharapkan Mas Menteri (Mendikbud Nadiem Makarim) segera menyelesaikan format pengganti UN yang dihapus tersebut,” ujar Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya itu.

Zainuddin mengatakan, salah satu alternatifnya bisa menggunakan akumulasi Nilai rapor dan kemudian ditandai dengan Surat Tanda Tamat Belajar, sehingga bisa dijadikan dasar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

“Kita menyarankan agar Mas Menteri segera membuat pedoman SOP dengan peniadaan UN tersebut agar semua sekolah segera mendapatkan kepastian,” kata Politikus PAN itu.

Zainuddin menilai, untuk masuk ke SMP, SMA ataupun SMK memang lebih mudah karena dasarnya zonasi. Sedang untuk memasuki perguruan tinggi, maka pihaknya menyarankan Mendikbud segera membuat pedoman juga untuk penerimaan mahasiswa baru.

“Saya kira tidak masalah kalau 100 persen menggunakan dasar zonasi, tetapi kalau ingin memasukkan 30 persen unsur prestasi yang diukur dari Nilai rapor maka dapat menggunakan dasar akumulasi Nilai yang diperoleh selama ini, mulai kelas 1 sampai kelas 6 SD atau kelas 7-9 SMP,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah secara resmi mengumumkan penghapusan UN 2020 yang sebelumnya disepakati akan dihapus pada 2021 mendatang. Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Terbatas tentang UN pada Selasa (24/3/2020).

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, menyampaikan bahwa keputusan membatalkan UN 2020 itu diambil sebagai respons merebaknya wabah Virus Corona.

Sumber : https://akurat.co/id-1059012-read-penghapusan-un-dinilai-langkah-yang-baik-terlebih-di-tengah-wabah-corona

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *